Sunday, September 13, 2020

Ning Blogger Surabaya




Pernah bergabung dengan sebuah komunitas?

Saya bisa dikatakan sangat jarang bergabung dengan sebuah komunitas, walau mungkin saat ini komunitas ada banyak terlebih terbantukan dengan alat komunikasi yang sangat mudah. Tidak ada keharusan untuk selalu mengadakan pertemuan. 

Walau di apk whatsaap saya join dalam beberapa grup tapi lebih seringnya hanya menjadi silent reader.

Join dalam sebuah komunitas salah satu alasannya adalah kesamaan dalam hal tertentu. Misal gabung dalam komunitas pecinta bukuS, walau sekedar menjadi silent reader ada satu kesenangan membaca obrolan obrolan seru terkait buku.  

Ning Blogger Surabaya / NBS adalah salah satu komunitas aang masih saya ikuti sampai sekarang. Sering menjadi silent reader, namun untuk beberapa hal yang saya pahami saya pastinya nimbrung, karena obrolannya yang kadang terasa lari kesana kemari, tetap enak untuk diikuti.

Menariknya, saat mengikuti komunitas Ning Blogger Surabaya, yang awalnya karena adanya job sebagai blogger lama kelamaan ada hal yang membuat kerasan berada di komunitas ini.

Aturan awal sebelum bergabung adalah tidak boleh baperan. Ya, kalaupun baper nggak usah ditunjukkan, telan aja sendiri, hahaha. Tapi ya memang walau mungkin alasannya sepele, namun kemudian ini bisa menjadikan satu komunitas menjadi langgeng. Karena tidak bisa dipungkiri ketika banyak kepala disatukan pasti memiliki sifat dan keinginan yang berbeda. Akan menjadi canggung jika kemudian saat mau mengutarakan pendapat tau kalau ada yang bakalan baper.

Walau ya, baper wajar kok. Tapi ya itu, nuruti baper maka tidak akan ada masukan yang bisa masuk. Namanya juga kumpul orang Surabaya, ye kaaaaaan, nyablak ya the best tapi sebagian besar banyak benernya. Mending diomongin langsung depan orangnya kaaaaaan, daripada diomongin di belakang. Ya gaaaaak?

Hal menyenangkan lain saat menjadi anggota NBS adalah banyak ilmu yang didapat, entah dari sharing ringan bahkan sampai ada "kelas" di dalam grup whatsapp. Tidak hanya seputar dunia bloging tapi banyak hal, sampai yang terkait kehidupan sehari-hari. Tidak pelit ilmu, itu yang saya suka dari sebagian besar anggota NBS.

Salah satu cara agar komunitas bertahan adalah dengan mencoba sesuatu yang baru dan diusahakan bisa dilakukan oleh semua anggota. Seperti yang sekarang tengah berlangsung, mengadakan challenge Nulis Bareng NBS dan juga Sinau Moto Bareng NBS. Walau tidak bersifat wajib, tetapi seseruannya dapet, terutama masa pandemi ini dimana tidak bisa kumpul-kumpul.

Lucunya, awalnya hanya untuk seseruan, namun kemudian ada sesuatu yang diperebutkan tiap minggunya. Ada hadiah yang bisa didapatkan, nah... hadiah-hadiah itu juga dari anggota NBS. 

Challenge yang diadakan oleh NBS bisa dikatakan memacu lagi semangat buat isi blog dan yang terbaru adalah mengisi IG, mencari lagi ide foto dan mulai foto-foto hal-hal yang mungkin gak kepikiran buat difoto sebelumnya.

Seseruan bareng Ning-Ning Blogger Surabaya bukan cuma menyenangkan tapi juga menambah ilmu.

No comments:

Post a Comment